B.
LANGKAH – LANGKAH DALAM MANAJEMEN KEBIDANAN
Langkah – langkah Manajemen Pelayanan Kebidanan dibagi 3 yaitu :
· P1 ( Perencanaan )
· P2 ( Pengorganisasian )
· P3 (Penggerakan, Pelaksanaan,
Pengawasan dan Pengendalian)
1.
P1 ( PERENCANAAN )
Perencanaan adalah proses
untuk merumuskan masalah kegiatan, menentukan kebutuhan dan sumber daya yang
tersedia, menetapkan tujuan kegiatan yang paling pokok dan menyusun
langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ( landasan dasar ).
Contoh :
· Jadwal Pelayanan ANC di Posyandu,
Puskesmas.
· Rencana Pelatihan untuk kader, nakes
2.
P2 ( PENGORGANISASIAN )
Pengorganisasian adalah suatu
langkah untuk menetapkan menggolong-golongkan, dan mengatur berbagai kegiatan,
penetapan tugas-tugas dan wewenang seseorang dan pendelegasian wewenang dalam
rangka pencapaian tujuan layanan kebidanan.
Inti dari pengorganisasian
adalah merupakan alat untuk memadukan atau sinkronisasi semua kegiatan yang
berasfek personil, finansial, material dan tata cara dalam rangka mencapai
tujuan pelayanan kebidanan yang telah di tetapkan.
Contoh : P2 (Pelaksanaan )
· Puskesmas
· Puskesmas Pembantu
· Polindes dan Pembantu
· Balai Desa
3.
P3 ( PENGGERAKAN DAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN )
Penggerakan dan Pelaksanaan
adalah suatu usaha untuk menciptakan iklim kerja sama di antara pelaksanaan
program pelayanan kebidanan sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan
efisien.
Fungsi manajemen ini lebih
menekankan bagaimana seseorang manajer pelayanan kebidanan mengarahkan dan
menggerakkan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan pelayanan
kebidanan yang telah di sepakati.
Contoh :
· Pencatatan dan pelaporan ( SP2TP )
· Supervisi
· Stratifikasi Puskesmas
· Survey
materi yg baik
BalasHapusperlu dikembangkan
BalasHapus